"Keunggulan Kampus UMM menciptakan kelas Center of excellent bagi mahasiswa nya"

"Keunggulan Kampus UMM menciptakan kelas Center of excellent bagi mahasiswa nya"



Demi memajukan bangsa, beragam terobosan diciptakan oleh Universitas Muhammadiyah malang (UMM). Salah satu yang menarik dan diapresiasi oleh banyak pihak adalah Center of Excellence (CoE). Bukan hanya oleh tokoh lokal, tapi juga dari mereka yang berada di level internasional. Berkat program ini, muncul anak-anak muda yang kreatif dan memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan pasar yang bisa langsung berkarya di banyak sektor. 

Untuk memajukan bangsa universitas muhammadiyah malang mencetus salah satu program yang sangat menarik dan diminati oleh para mahasiswa berupa kelas center of excellent/Coe. Dalam bidang pangan terdapat kelas profesional cokelat yg berasal dari jurusan teknologi pangan universitas muhammadiyah malang. Kelas coe cokelat ini berfokus pada teknologi pasca panen, pengolahan, pengawasan mutu dan pengembangan produk berbasis cokelat.

Didalam kelas coe cokelat ini terdapat beberapa mata kuliah yang diampu yaitu teknologi pengolahan produk intermediate, teknik Formulasi cokelat,teknologi pasca panen biji cokelat,analisis sensori cokelat,pengolahan by product, manajemen industri branding cokelat,dan teknologi pengolahan produk akhir.

UMM bekerja sama dengan mitra dudi industri maupun chocolate maker yang ada di Indonesia dalam proses pembelajaran nya,sehingga pada saat proses magang mahasiswa coe cokelat ini disebar ke berbagai wilayah Indonesia yang menekuni pengolahan kakao dari Hulu sampai dengan hilir diantaranya yaitu Koperasi Kerta Semaya Samaniya Bali, PT Inovasi kakao Indonesia (Finestco), PT Cau chocolate internasional, Bali, Pusat penelitian kopi dan kakao Indonesia(Puslitkoka) Jember, PT cokelat bhinneka sejahtera (Moodco) Batu, Jawa timur, Dan pembinaan pengolahan kakao di desa sumber manjing wetan kabupaten malang, Jawa timur.

Koperasi kerta semaya samaniya menekuni proses pengolahan kakao premium berupa kakao Fermentasi yang di distribusikan ke skala nasional maupun internasional diberbagai penjuru dunia.memiliki sertifikat organik resmi dan bekerjasama dengan  yayasan kalimajari sebagai divisi pemasaran untuk mengekspor biji  kakao ke berbagai negara seperti Indonesia, Perancis, Turki, Swedia, california, Jepang, Jerman, Italia, Swiss, hongkong, dan Belanda

PT cau chocolate internasional merupakan pengembangan bisnis pariwisata berbasis pertanian tanaman kakao dan produk olahan cokelat organic.

Moodco merupakan produsen cokelat premium khas nusantara asal Kota Batu. Yang mempersembahkan koleksi cokelat single origin terbaik bagi masyarakat Indonesia dan dunia. 

FinestCo merupakan java cocoa artisan yang mengolah biji kakao mulia yang diambil dari kebun petani lokal yang terfermentasi menjadi produk olahan kakao salah satunya yaitu minuman seduh kakao.

Puslitkoka merupakan lembaga riset dan pengembangan kopi dan kakao nasional yang merupakan industri kelas menengah yang bergerak untuk meningkatkan kualitas hasil panen kopi dan kakao dengan cara melakukan penelitian serta menghasilkan produk kopi dan kakao yg berkualitas 

pembinaan pengolahan kakao di desa sumber manjing wetan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa coe untuk membantu para petani kakao yg ada di desa sumber manjing wetan dalam proses pengolahan biji kakao dari hulu sampai dengan hilir

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Bisnis yang di miliki UMM diluar akademika"

"Tiktokshop sebagai media online shop terbaru di kalangan era digital"